Tuesday, March 15, 2016

Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting


Kemegahan Merapi dari Sabana 1 via Selo

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.142 mdpl dan bersebelahan dengan Gunung Merapi, puncak sejatinya bernama Kenteng song da nada beberapa puncak lagi puncak suwanting, Puncak Trianggulasi, puncak syarif,   Gunung Merbabu sendiri berada di empat wilayah Kabupaten, yakni  di bagian barat masuk kedalam kabupaten Magelang, di bagian timurnya ada di boyolali, di bagian selatan ada di salatiga dan di sebelah utara gunung ini masuk ke wilayah Semarang Provisnsi Jawa Tengah.
Nama Merbabu Sendiri berasal dari kata “Meru dan “Babu” Meru sendiri mempunyai arti gunung dan Babu memiliki arti Wanita. Gunung ini memiliki 5 buah kawah, yakni kawah condrodimuko, kawah kombang, kawah Kendang, Kawah Rebab, dan Kawah Sambernyowo.
Tak Jauh Berbeda dengan Gunung-Gunung lain Gunung Merbabu juga tak lepas dari Mitos yang beredar di masyarakat kaki gunung nya, bahwa dahulu kala ada kerajaan Jawa yang sangat besar terkubur di dalam Gunung Merapi dan Merbabu yang berkaitan dengan Mataram Kuno. Di kawasan ini juga di percaya juga terdapat pasar setan yang menjadi pusat jual beli para mahluk halus.
Gunung Merbabu sendiri termasuk dalam Gunung yang memiliki lumayan banyak jalur Pendakian, ada sekitar 6 jalur pendakian, Jalur Pendakian Selo, Jalur Pendakian Wekas, Jalur pendakian Kopeng, Cunthel, Thekelan, dan Jalur pendakian yang baru di buka kembali awal tahun lalu yaitu Suwanting. Pada setiap jalurnya pun memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda namun sama-sama memiliki pemandangan yang luar biasa indah.


Sunrise Sabana 1 via Selo

Pada pendakian kami Agustus lalu di Gunung ini, kami memutuskan untuk memilih Suwanting sebagai pintu awal perjalanan kami menapaki keindahan-keindahan dan kemegahan Gunung Merbabu ini, Jalur Pendakian Suwanting sendiri berada di dusun Suwanting desa Banyuroto kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.
Menurut informasi yang kita dapatkan dari masyarakat setempat, jalur Suwanting adalah jalur yang pernah di buka pada tahun 1990 dan 1998, namun setelah tahun 1998 jalur ini di tutup untuk pendakian dan baru awal tahun 2015 lalu jalur ini kembali di buka.
Untuk Akses ke Dusun Suwanting sendiri kita memutuskan untuk minta jemput langsung dengan pengurus basecamp tersebut, waktu itu kita di jemput langsung dari stasiun tugu Jogjakarta dan dikenakan biaya 400 ribu.
Pembaca akan di suguhi keindahan desa dan keramahan warganya yang tidak di dapat di jalur-jalur lainnya, saya sempat heran dengan keadaan itu awalnya, kita di sambut dengan sangat ramah seperti anak-anak mereka sendiri yang baru pulang dari rantau, setelah memutuskan untuk beristirahat sejenak di salah satu rumah warga yang di jadikan basecamp bagi para pendaki kami melanjutkan perjalanan di pagi harinya. Sekitar 15-20 menit perjalanan sampai kita di POS 1, Di jalur ini tersaji pemandangan yang sangat indah, di Pos 1 nya kita langsung disuguhi Hutan pinus yang rindang dan sangat eksotis, serta pemandangan merapi yang mengintip dari kejauhan, dari POS 1 menuju POS 2 memakan waktu sekitar 1,5 jam – 2 jam perjalanan, trek disini pun mulai menanjak dari sebelumnya, sebelum kita sampai di POS 3 kita akan melewati POS bayangan Mata Air, satu-satunya sumber mata air yang ada di jalur Suwanting, dari POS 2 menuju POS 3 memakan waktu kurang lebih 2 Jam perjalanan. Di POS 3 sendiri menjadi tempat faforit bagi para pendaki untuk beristirahat dan mendirikan tenda untuk bermalam sebelum melanjutkan untuk Summit Attack di esok harinya, dari POS 3 menuju Puncak Kenteng Songo dapat di tempuh sekitar 2 Jam Perjalanan, dan melewati Sabana yang luas dan keindahan yang tak dapat dinikmati orang banyak,..
Total Pendakian dari Suwanting menuju Puncak kenteng songo memakan waktu sekitar 7-8 jam perjalanan, dan untuk turun kami memutuskan melewati jalur selo dan kembali menginap 1 malam lagi di sabana 1 nya sebagai obat setelah pendakian 2 tahun lalu via selo gagal karena badai..


Galery

Dusun Suwanting

POS Mata Air via Suwanting

POS 1 via Suwanting

POS 1 via Suwanting

Jalur Puncak Trianggulasi

Edelweis di Puncak Kenteng Songo

Puncal Trianggulasi

Sabana 2 via Selo

POS 3 via Suwanting

Sabana 3 via Suwanting

Puncak Suwanting


POS 1 via Suwanting

Stasiun Tugu Jogja

Puncak Kenteng Songo

Sabana 1 via Selo

Pintu Masuk Merbabu via Selo

















44 comments:

  1. Hi, you are looking extra cash? I recommend Clixsense. Join free and start earn money

    http://www.clixsense.com/?8172285

    http://www.extramoneyforyounow.blogspot.cz/

    http://areyousearchextramoney.blogspot.cz/

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Harusnya sih ada bang..
      biasnya di sabana 2 via selo.. hehe

      Delete
  3. Mohon ijin mas mau nanya klo untuk pendakian via suwanting turun via selo . Klo mau turun via selo harus bawa keril yah mas lewati puncak dulu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mas, tergantung masnya kalo kuat tek tok suwanting selo ya mending bawa bekal dan air.. tp kalo saran saya sin mending kemp di pos 3 suwanting sehalian summit sekalian turun lewat selo.

      Delete
  4. ada nomor tlp basecamp nya gak ? untuk di jemput di stasiun ? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas, hubungin aja Bang Ambon 087834306869..

      Delete
    2. itu biaya 400rb sekali antar apa pp mas?

      Delete
    3. Iya mas, itu untuk 1 kali jalan aja.. tinggal mas aja nego sama bang ambon, asik kok orangnya..

      Delete
    4. Wah kebetulan ada yg nanya. Thanks infonya.

      Delete
    5. untung scroll kebawah sblum nanya kontak penjemputnya haha, makasih ya mas infonya

      Delete
    6. Saya sudah tlpn no bang ambon tdk bisa di hubungi,ada yang punya id line atau wa bang ambon?

      Delete
  5. Tanya mas,bulan depan rencana mau ke Merbabu.kalau kita dari Jogja enaknya via jalur mana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo untuk jalur tergantung akang aja sreknya lewat mana.. hehehe tapi sih kalo ane enak lewat suwanting sih kang.. jaraknya juga gak terlalu jauh kan jogja magelang..

      Delete
  6. Mas mau tanya kalau mobil jemputannya kapasitas brp ya mas???
    dan mobil apa untuk menjemput mas nya???

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil pick-up mas, ya 10 orangan mungkin masih bisa mas.. hehe tapi ya sempit

      Delete
  7. Sebaiknya kalo mau ke merbabu via jalur suwanting jangan pas musim hujan :D, trek nya bakalan licin menyiksa
    akan tetapi pemandangan yg ditawarkan luar biasa indah, dari pos 1 gunung merapai terlihat dengan gagahnya,
    apalagi "nyruput" kopi hangat di pos 3 sambil menikmati sunset sensasinya wow banget
    kalo mau naik lewat jalur suwanting lebih baik menyiapkan dengkul cadangan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak nya, saya kemarin kesana pas kemarau dan debunya parah + track nanjak + nanjak + nanjak + nanjaaaaaaak, untuk dengkul udah ganti mesin.. :v

      Delete
  8. persyaran pendakian apa aja ya mas disana????

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Persyaratan pendakian, gak jauh beda mas dengan gunung2 lain, tapi gak seribet TNGGP :P
      datang aja ke bascamp nya nanti di beri arahan sama warganya.

      Delete
  9. OKeee Mencoba browsing mencari Info Paket Backpacker Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah dan mau nyari barang-barang funiture HD Furniture Jepara

    ReplyDelete
  10. Pendakian gn merbabu ketika hujan bisa dipastikan licin, jika musim panas sangat berdebu, yang jadi masalah adalah transportasi menuju pos pendaftaran, baik dari terminal/stasiun semarang, boyolali, solo, jogja. Hanya saran saja hub no +6281220464906 namanya Mas Selamet beliau siap antar jemput pegalaman saya menghub beliau pakai WA juga di bales, orangnya sangat ramah, biasalah pendaki sejati banyak makan asam garam berguru pada alam, sudah pasti humanis dan super duper baik.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih mas infonya, kemarin terbantu sekali ketika nanjak lewat Suwanting dan juga kontaknya mas Ambon..

    ReplyDelete
  13. Bawa berapa liter air gan ?, Hehe pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa secukupnya saja gan, kalau lewat jalur suwanting ada sumber air di POS 3 nya.. :)

      Delete
  14. Boleh minta no WA nya ga mas. Mau nanya2 nih hehe

    ReplyDelete
  15. Mase jemput antar dr stsiun mau minta contactnya dong, tgl 7 mau nanjak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok mas kontak mas ambon di komentar atas.. :D
      Mas Ambon 087834306869

      Delete
  16. Via suwanting ama via wekas nanjaknya gurih mana ya..

    ReplyDelete
  17. Waduh.. Pas kemarau ya bung..? jadi g ijo sabananya..

    Tapi Suwanting emang keren..
    Mampir ke catper saia gan..

    Merbabu via Cunthel-Suwanting

    ReplyDelete
  18. hallo mas mau tanya2 kira2 nih kalo ndaki lewat suwanting berapa jam ya mas ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Delapan-sembilan jam.. Standar pendakian...

      Delete
    2. udah di jawab sama mas anggara.. hehe
      saya waktu itu sampe 9 jam'an maklum pendaki amatir :p

      Delete
  19. Wah pas banget mau pergi sana, foto2 nya keren lho mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, trimakasih mba intan... :D

      Delete
  20. Bang,kalo ngedaki ksana boleh solo gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak jadi soal bro mau solo atau tim, yang penting kan selalu berhati hati dan prepare yang matang sebelum pendakian :D

      Delete
  21. Klo yg bingung butuh porter,transpotasi ke bc swanting bisa hub 081220464906[wa]

    ReplyDelete
  22. ia mas mas kemarau, itu seminggu sebelum kebakaran tahun 2015 lalu..
    kalau untuk pemandangan dan jalur mantap memang hehe

    ReplyDelete
  23. Maaf mau nnya kalo ke via suwanting dari magelang naik apa yaa??

    ReplyDelete